Friday, September 13, 2013

UCEO week #3

dimulai dengan kreativitas, dikembangkan menjadi inovasi. Ketika semua ragam fungsi bisnis diinovasikan, itulah entrepreneurship.

Paling sedikit ada 8 fungsi bisnis yang dikembangkan:
finance, production, hrd&organisasi, marketing, design, environment, delivery&connectivity, strategic alliance

inovasi harus muncul di seluruh pelosok fungsi bisnis dan satu sama lain menciptakan interaksi sinergis sehingga secara keseluruhan menciptakan multiplikasi nilai tambah

Alan G Lafley, chairman P&G, innovation "across the spectrum".

Dave Whitwam, CEO Whirlpool, innovation from Everyone and Everywhere

Edward de Bobo "there is no doubt that creativity is the most important human resource of all. Without creativity, there would be no progress and we would be forever repeating the same patterns.

ROger von Oech, Ph.D stanford "History of Ideas" -> A Whack on the Side of the Head.. Terdapat 10 halangan kreatif, yaitu:
trying to find the right answer - temukan jawaban yang tepat, siapa bilang untuk setiap persoalan hanya ada satu jawaban.

logical thinking - pakai akal sehatmu, tidak semua hal bisa diterangkan dengan logika.

following rules - ikuti aturan yang sudah ada! Ada aturan yang harus diikuti, ada yang harus diganti karena kadaluwarsa, ada yang harus dilanggar karena ternyata dulu salah.

being practical - langsung saja to the point, jangan mutar - mutar! Padahal peserta didik yang berputar putar sedang melakukan eksplirasi lebih luas

play is not work - siapa bilang tidak ada proses kreatif dalam bermain.

that's not my job - kerjakan saja apa yang jadi pekerjaanmu! Dia tertarik dengan pekerjaan temannya karena itu lebih memiliki tantangan kreativitas dan cocok dengan talentanya.

being a serious person - Dalam tertawa ide segar keluar lebih lancar

avoiding ambiguity - entrepreneur akan selalu menghadapi ambiguitas. BIla sejak kecil tidak dibiasakan berani menghadapi ambiguitas akan sangat sukar untuk sukses dalam kentrepreneuran.


being wrong is bad - banyak hal membuat jiwa muda takut gagal, tidak ada orang yang takut gagal bisa berhasil hidupnya

i'm not creative - pelabelan tidak kreatif akan menanggung akibatnya terus menerus sampai akhir hidupnya


TQM - Astra - Total QUality Management - Gugus kendali mutu

Creative imitation - mengimitasi yang bagus dari kompetitor

Angel investor - sekelompok orang yang berani mengambil risiko finansial dengan cara mendanai bisnis baru yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi namun masih dalam tahap awal. Angel investor mendapat saham kepemilikan dari penggagas bisnis

Green development - has a focus on eco-property entrepreneurship as a unique strategy

Peter Drucker - innovation is the instrument of entrepreneurship - inovasi adalah instrumen untuk menciptakan nilai tambah secara dramatis dan kreatif di dalam tiap fungsi dari bisnis (menjejaki semua fungsi dan semua opsi, dengan tujuan menciptakan nilai tambah yang akan saling bersinergi dan mampu membuat pelanggan tidak sanggup mengatakan tidak dan bahkan mengantri)

Jangan berkata tidak mungkin dulu, segala sesuatu yang kita persiapkan untuk mencapai tujuan yang masuk akal namanya perencanaan, sedangkan kalau tujuannya tidak masuk akal lalu kita temukan solusinya, maka itulah yang disebut inovasi.

kalau rutenya belum ada, maka tugas kita untuk menciptakannya

=====================================

video #1

Kreativitas adalah sesuatu penemuan yang baru untuk menggembirakan hati kita dari segi jiwa kita, hati kita.Nah, itu namanya lingkaran kecil. Kemudian ada lingkaran yang lebih besar yaitu inovasi. Inovasi berarti sesuatu cara yang kita ciptakan yang menguntungkan kita dari segi material. kemudian Entrepreneurship. Entrepreneurship itu merupakan lingkaran yang lebih besar lagi. Itu menjadi pokok. Inovasi menjadi cabang, kreativitas adalah ranting.

Kita harap seniman kita bukannya berhenti pada kreativitas, bukan berhenti pada inovasi, dan mereka bisa menjadi entrepreneur dalam bidang seni mereka. Itu yang disebut Atrpreneur. Makanya kami sudah membikin Artpreneur Center untuk menularkan Entrepreneur spirit ke seluruh seniman bahwa mereka bisa hidup dan makmur, menciptakan lapangan kerja, dalam kemampuan seni mereka.

=====================================

video #2

Ada yang mengerti namun tidak berkesan. Jadi pertanyaannya, bagaimana caranya supaya ada kesan yang mendalam? Bukan sekedar mengerti, meninggalkan kesan.

orang yang kreatif memiliki empat ciri. Ciri yang pertama, banyak gagasannya atau banyak idenya. Ciri yang kedua beda gagasannya. Yang ketiga, baru gagasannya atau orisinil. Dan yang keempat berguna gagasannya. Sedangkan inovasi adalah kreativitas yang diterima oleh pasar.

akar dari Entrepreneurship yang dimaksud Pak Ciputra adalah kreativitas, namun kreativitas harus dikembangkan jadi inovasi. Dan inovasi jangan hanya Anda akan satu inovasi. Buat berbagai ragam inovasi. Inovasikan produk Anda, inovasikan produksinya, inovasikan pemasarannya, keuangan, sumber daya manusia, distribusi, kemitraan strategis bahkan CSRnya. Kumpulan dari ragam inovasi itu, itu membentuk sebuah Entrepreneurship

=====================================

video #3


Kreativitas itu sendiri adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang baru dalam bidang apa pun juga

Inovasi sama dengan kreativitas plus penerimaan pasar.

ketika tidak ada kreativitas, di mana artinya bukan inovasi. Bisnis akan menjadi sangat ringkih. Sangat rentan terhadap kompetisi. Begitu tidak ada kreativitasnya, Anda masuk ke dalam dunia yang sangat kompetitif. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi.

Nah, begitulah produk-produk kreatif. Yang menurut kita kreatif, produk-produk kreatif belum tentu diterima dengan baik oleh pasar.

Kata “dan” biasa kita gunakan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya ide. Sedangkan kata “tapi” kita gunakan untuk Critical Thinking. Untuk mengevaluasi apakah ide-ide itu bermanfaat, berguna, mudah dilaksanakan, atau berdampak bagi customer kita.

“TA’KU TIRU KO” berarti  Tambah, Kurang, Tiru, Ubah & Kombinasikan.

Anda lihat di atasnya ada Tambah, Kurang, Tiru, Rubah, dan Kombinasi”. Dari atas ke bawah Anda bisa lihat di situ ada promosi, kemasan, service, dan keuangan.

No comments: