Sunday, September 8, 2013

Healthy Metropolis First Aid (HMFA) - UCEO Task

Tugas Minggu ke 2 - Healthy Metropolis First Aid (HMFA)


Dear all UCEO-ers dan Pak Ciputra serta staff pengajar,


Ini adalah Ide pertama saya tentang peluang bisnis (sehubungan dengan tugas minggu ke 2) ..


Mungkin bisa dibuat suatu web portal khusus kesehatan yang terdiri dari informasi lengkap dari beberapa RS yang ada di jakarta (komunitas RS tertentu yang bersedia bergabung), obat' yang tersedia dan siap digunakan yang terdapat dari komunitas RS tersebut, dan berapa kamar yang available dari komunitas RS tersebut dan dimana saja. Mungkin untuk konsep readiness dan availability nya mirip dengan sistem konsep booking hotel dan reservasi restoran (dimana real time)

Ide ini dapat dikembangkan lagi lebih jauh dengan mengajak juga pihak' gym tempat fitness dan para ahli gizi untuk ikut serta ambil bagian dalam gerakan pola hidup sehat masyarakat Indonesia. Mungkin bisa dengan memberikan hal simple seperti lokasi gym yang tersedia yang dekat rumah di mana saja, berapa biaya membership gymnya, informasi tempat untuk berlatih pilates, yoga, dan kelas kelas kesehatan olahraga lainnya terdapat di mana saja, fakta tentang vitamin dan obat-obatan, pertolongan pertama jika terkena suatu penyakit, dll.





Dan untuk lebih jauh nya lagi, mungkin dapat dikembangkan menjadi mobile apps, sehingga suatu hari nanti semua orang, tidak terbatas siapapun dia, di mana saja, kapan pun saja, (tidak peduli menggunakan android, ios maupun blackberry) apabila ingin mendapatkan informasi kesehatan, rumah sakit, pola hidup sehat, dan informasi lainnya dapat dengan segera mengakses portal.



pembahasan dari sudut pandang 7 guideline ttg peluang bisnis:


1. Ada masalah yang ingin dipecahkan?
Kesehatan dan pola hidup sehat di daerah perkotaan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

There is an old saying that:

"The greatest wealth is Health.”


and I am agree with that



2. Pelanggan mau berkorban untuk solusi?
Tentu saja. Dikarenakan kesehatan itu penting, saya rasa semua pelanggan mau berkorban demi hidup sehat.

Baik untuk mendapat pelayanan kesehatan maupun informasi kesehatan mengenai gaya hidup sehat dan wawasan kesehatan lainnya.

Selain itu untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dapat menggunakan sistem user preference database juga, untuk menjaga customer relationship, sehingga data' kesehatan dan track record seseorang dapat dimaintain secara berkala apabila perlu dipantau medical recordnya. Jadi ketika pelanggan login ke portal, dapat langsung dikenali siapa pelanggan dan bagaimana data historis terakhir pelanggan.




3. Apakah ada nilai tambah sehingga pelanggan tidak sanggup bilang tidak?
Ada. Nilai tambah yang saya tawarkan di sini adalah pelanggan dapat langsung tau mengenai ada berapa ruangan kamar yang tersedia? Dokter siapa saja yang bertugas berjaga? Obat' apa saja yang tersedia (jika hanya ingin membeli obat). Bahkan jika dimungkinkan, terdapat unsur calculated risk untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjemput pasien dari RS? Serta bisa menentukan RS mana yang terdekat yang dapat dengan segera menolong pasien? Apakah rute yang dilewati dari RS ke daerah pasien itu sedang macet atau tidak? (terintegrasi juga dengan google maps dan informasi jalan raya dari TMC Polda)

Selain itu bisa menentukan shortest path dan optimal solution yang paling cocok untuk segera menolong pelanggan /pasien dari RS (RS yang sudah tergabung di komunitas web portal RS)


Hal ini sangat berguna sekali untuk seseorang yang membutuhkan pertolongan pertama jika mendadak mendapat serangan suatu penyakit (serangan jantung, sesak napas, hamil, dll)



4. menciptakan jarak dengan pesaing lainnya?
Menurut saya, website portal dan ide bisnis ini belum ada. Belum terjangkau dan terintegrasi dengan RS yang ada di jakarta - atau bahkan Pulau Jawa - atau bahkan bisa juga Seluruh Indonesia.

Tentu saja menciptakan jarak dengan pesaing portal kesehatan lainnya.



Dan jika dapat bekerja sama dengan instansi pemerintah / departemen kesehatan, portal seperti ini saya rasa cukup satu saja untuk sebuah daerah / negara. Sehingga tidak ada pesaing.



5.Bermanfaatkah bagi masyarakat?
Website portal ini sangat bermanfaat bagi segala kalangan masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan, informasi pola hidup sehat, serta beberapa orang yang membutuhkan prioritas pertolongan pertama dengan segera


6. Berapa market size dan berapa yang bisa diambil?

Market size yang bisa diambil menurut saya tidak terbatas.

Mengapa?

Karena setiap tahun seperti yang kita ketahui untuk penduduk jakarta saja bertambah. Bagaimana dengan penduduk Indonesia? Sedangkan tidak menutup kemungkinan juga kita bekerja sama dengan luar negri, RS asing (sebagai contoh RS di Singapura), dan tidak menutup kemungkinan juga jika suatu hari nanti ada penduduk dari Singapura yang berobat ke Indonesia (jika Indonesia memiliki suatu spesialis rumah sakit no 1 di dunia yang telah terbukti prestasinya..)







Tapi untuk ide awal saya ini, saya batasi saja dengan jumlah populasi jakarta tahun 2013, yaitu sekitar 12.5 juta populasi.

Jadi market size yang bisa diambil adalah 12.5 juta pelanggan.




7. Bagaimana verifikasi di pasar?
Terdapat suatu layanan langsung diskusi dan email antara customer service portal yang telah bekerja sama juga dengan pihak RS. Sehingga dapat langsung dilayani secara Real Time dan mudah dilakukan verifikasi diskusi antara user / pelanggan / pengguna portal dengan pihak RS dan admin portal.



Demikian ide pertama ini saya buat.

Ditunggu masukan, saran, kritik, komentar, dan likesnya juga (kalau ada :p )



Dalam beberapa hari ke depan, saya akan posting lagi ide saya lainnya.

Last but not least, ide ini saya golongkan ke kuadran 4.






Salam Entrepreneurship,


Hansel Tanuwijaya

No comments: