Monday, July 30, 2012

MMO - SDM - HR

(let's talk about SDM.. continue from my last post before..)

MMO - manajemen manusia dan operasi alias SDM..
Ntah kenapa selalu aja ad yg unik tentang orang'' yang berkaitan dengan  SDM. Di kantor gw, orang'' SDM terkesan suka ngelempar' kerjaan dan ga mao salah terus. Kalo kata temen gw se-project (Mr. W): "koh ini SDM doyannya passing bola terus yahh.." . So damn true. Baik kepala dan konco''nya (gak semua konco), emang suka bet ngelempar' kerjaan. Baik dari hal peritilan yang seharusnya dilakukan dia, tetep aja ngelempar ke gw dan gak mau tau. Pernah juga dulu Mr.W ini mengirim email tentang dokumen project, dan gak ada reply' follow up dari emailnya. Di telpon ga mempan, sampe akhirna diapproach ke mejanya, dan u know what..? Emailnya masih blom dibuka (ketauan secara gak sengaja pas di akhir meeting). Lah klo dibuka aja blom, jadi dari tadi meeting apa? Apa yg diomongin..? Mbok ya jujur aja bilang, wah sori blom sempet buka emailnya.. Jreng jreng jrengg... Dan gak tau knapa gw ngeliat ada salah satu anak buahnya yg semakin mirip sifatnya dengan si kepala SDM itu. Well.. Klo kata Mr.W, jangan sampe dah gw jadi orang yg kek gitu.. Dituduuh macem'' tukang ngejorokin..

Itu Sekilas SDM di kantor. Yang mao gw share adalah pengalaman antara gw dengan dosen  SDM di kampus. Hmm.. Maybe unique, maybe ordinary, whatever.. Just read it.. :)

Diawali dengan kuliah minggu pertama yang di reschedule menjadi akhir', dimana kuliah penggantinya sabtu'' minggu terakhir bulan juli. Dari awal kesan yg gw dapatkan adalah: ow siet, seenak jidat resched jadi minggu terakhir pas mo ujian, hari sabtu pula... X_X.   Dan lalu sampailah pertemuan pertama si ibu dengan kelas F112.

Nama        : Bu Achirina
Dosen       : SDM
Latest Job : Ex- Vice President Human Resource Garuda Indonesia
Imppresion: Tegas, berkharisma, sulit dikritik, sedikit pikun

Pas pertama si ibu dateng, dia bilang, wah ini anak' malem dah pada jago lah ya.. Dah pada kerja, cukup dikasi B semua lah.. (smile maksa). She has high quality standard. Differs from the other tutor. Cukup menarik sepertinya. Akan tetapi dia ngajar sama sekali gak pake sylabus / slide dari kuliahan, semuanya yg dia ajar pake slide dia sendiri di garuda. Keknya dia nganggap kita'' ini anak buahnya di kantor kali ya, bukan sebagai seorang murid di kelas. Dan dia ini emang dosen pertama yg gw temuin dimana dosen ini susaaaaaaaaaaaaaaaa  bangett dapetin kartu PCL nya.

Apa itu PCL?
PCL - Participant Centered Learning. Di MMUI ini semua mahasiswa diharuskan aktif bertanya, kasi komen, pendapat di dalam kelas (gak pasif). Ada 3 kartu: kuning, ijo, biru. Kuning itu 75, ijo 85, biru 100 CMIIW.. Ibaratnya kuning - yah lumayan lah komennya, ijo - wah komennya ada sedikit teori yang bisa dibagikan ke sesama, biru - nice komen bro, ada teori yg sesuai dengan kelas dan ada share experience tentang kasus yang bisa dibagikann.. Jadi targetnya gw itu kalo bisa antara 1-2 kali pertemuan wajib dapetin kuning lah.. Sekalian ngukur pengertian ama ga bosen jg di kelas.


Okay, di suatu hari belajar si ibu ini, ada dimana gw lagi kosong'nya ga dapet kartu dan gw getoll banget pengen dapet. Sudah mao UAS, tapi kartu gw baru 1 doang kuning, padahal sisa tinggal 4 pertemuan lagi. Walhasil di hari itu gw pengen niat dapetin kartu. Kondisi gw pas saat itu jg lagi bad mood jg kali ya, ada masalah laen.. Bakakakaka. Di tengah kelas gw usaha dapetin kartu, karena gw liat sebarisan kiri kanan gw dah pada dapet kartu dan metode trik yg tepat buat si ibu adalah, dia ini bagiin kartunya cuma saat' tertentu. Kalo dia lagi bagi'' kartu, disitulah u harus bisa seaktif mungkin. Tentu saja gw ini komen jg gak annoying ato bisa liat sikon juga, jgn ampe komen gak bobot dan ga penting jg.. Ntar kesannya gw maksa.. Dan kebetulan topik ngambang hari itu jg gw ada ngerti dikit''.. Jreng.. jreng.. jrengg..


I am trying to give an answer for other people question.. Failed..
Share some experience..  Failed
Give Question.. Epic Failed


3 3 nya dah dicoba.. Tapi yang ada malah diskusi dan kita malah ngobrol di kelas.. Ntah kenapa si ibu tetep gak mao kasi gw kartu.. Blah.. Tapi ada orang laen yg dengan mudahnya dikasih kartu sampe 2x. Tapi si ibu ini kasi kartunya salah.. Di kartu kedua yang dikasih , sama dengan kartu pertamanya.. (contoh: pertama kasih kartu kuning, kedua kasi kartu kuning lagi.. harusnya dikasihnya ijo) Memang agak sedikit pikun ini sih.. Ntah kenapa gw kesell banget ama orang pelupa dan pikunann ini.. !!!!!!!!

Dan pas saat itu pun gw keluar kelas. Kenapa gw kluar klas? Karena gw merasa suasana di kelas jadinya ngebahas ngalor ngidul ga jlas.. Masing'' pada share experience yang dah mulai ga sesuai dengan topik. Dan si ibunya malah nanggepin terus lagi. Slidenya gak maju''..  Cari angin ke bawah bentar dan bli minum aja dah. Di bawah ternyata ada juga temen kelas gw yg kluar dan dia lagi ngobrol dengan orang gak tau dari mana (lupa, padahal kita dah kenalan..) And we talked about the class.. Yah emang dia ngerasa gitu juga, kelasnya jadi rada males dan kita malah jadinya ngomongin tentang investasi. Ternyata orang MM hebat'' euy. Dia dah pernah rugi 100 juta dari saham, reksa dana, dll. Beda ama gw yang masih kecil''an.. Hehehehe.. He said that: paling enak skarang itu beli rumah yang mau dijual trus di "make up" dan ditingkat lagi dan dijual.. Untungnya bisa 2x lipat.. Wah situ enak masbro, modalnya dah kenceng.. hehehe.. bla bla bla and three of us talked until 9o'clock. Dan kemudian gw memutuskan untuk naek lagi ke kelas karena ga enak jg ama dosennya, kuliah ampe stgh 10 kan, ga lucu juga ntar naek pas bubaran.. That's the first time I feel sucks at class.

And the second time.. Adalah dimana itu sudah minggu'' terakhir pertemuan kita, dimana kita tinggal beberapa kali lagi ketemu dengan si ibu.. Yah mungkin tinggal 2-3 kali pertemuan. Dan di situ gw tetep do my best for the PCL. Tapi ntah kenapa gw merasa di sentimen in..

Asking and questioning.. epic failed
Give experience at the office.. epic failed
Answer other question based on books.. epic failed
Asking again.. Epic failed


Hmm.. 4 kali gw coba dan hasilnya nol besar.. Sentimen apa ga? Nobody knows. But she still give the cards for the other, just not me.. Dan di klas itu dia bilang.. "Anak' hari ini kuliahnya sampe jem 9 aja ya.. pada seneng kan pulang cepet pas bulan puasa.." WTF. Again, she made her own rules.. Pas saat itu gw mikir, hmm ya apa mo dikata. Toh dia dosen dan gw murid.. Murid harus bisa nerimo ajaa. Gw gak dapet kartu yaw sudah lah, mungkin emang rejeki gw dapet 1 kartu kuning doang selama pertemuan dengan dia. Wolesss.. Tapi ada 1 hal yang buat gw ga suka, materi pelajarannya jadi gak jelass woii.. Setiap pertemuan dia selalu bawa topik ujug'' slide dari langit. Gak sesuai silabus.. Gw jujur agak gak suka dengan itu, karena gw jadi bingung dapet ilmu apa.. Secara gw kuliah juga dari duit dompet sendiri, bukan dari beasiswa kantor.. I made my own money for the college.. and that's not an easy money..

Damn. Pas saat itu gw bener' kesel ke ubun'.. Gw ini klo ada pikiran ato kesel pasti diem. Trus klo diem masih kesel gw liatin itu dosen.. Klo dah masih gak bisa ilang jg keselnya, brarti salah satu harus kluar, antara gw atau dia.. Dan akhirnya gw kluar di tengah kelas buat cari angin aja.. Keselnya bener'' kesell kuadrat.. Gw pun ke kantin dan minum aja sambil maenan bb. Iseng' pengen telpon orang buat ngobrol'' maksudnya buat nenangin diri.. Tapi doi lagi gak bisa di telpon dengan alasan batre BB nya low.. Yo wis.. Apa mo dikata.. Akhirnya gw bbman dengan temen laen..

gw: eh bek.. u kalo lagi kesel ngapaen?
X : diem
gw: kalo masih kesel dan ngeganjel pikiran
X : tetep diem aja sambil denger musik
gw: ok d


Hmmm.. gw coba pikirin hal laen.. A I U E O.. bla bla bla.. dan gak kerasa dah sampe jem 9 lwat dan BB gw bunyi di telpon temen di klas..

 I : "Sel ada d mana u? Klas dah kosong klar nih, bubar jem 9.. Tas u masih ada d klas.. "

gw: "hmm.. masa.. dah bubar ya? diabsen gak gw? klo diabsen bilangin aja gw ga masuk toh gw ga dianggep juga, kasi pendapat ga dianggep.."

 I : "gak dosennya gak pernah absen, gak nanyain u juga.."
gw : "oooo"
I : "eh si david nyariin u nih sel, dia dapet kartu dua.. mau kartu ga? cepetan sini ke klas, lagi di rekap ama si dosen.. mau gaa??"
gw : "gak ah.. tar aje dah gw masuknya.. lagi nyari angin lagi bentaran deh.. hehehe.. dah tas gw tinggal aja d klas"

kira'' pembicaraannya seperti itu dan gw pun kembali selonjoran di kantin..
Jem 9.15 gw naek ke atas, sebelum gw naek temen yg telpon gw tadi masih di loby, "eh sel dosennya masih ada tuh di klas.. blom turun'" .. And i said "bagus.. skalian gw naek aja dah ada yg mo gw omongin langsung ama dia.."


Dan pas naek, kelas dah sepi.. Yang ada cuma si ibu, dan tas gw. Gw pun membuka pembicaraan..

Gw : Bu.. sori nih bu saya kluar kelas tadi.. Baru masuk ke kelas lagi sekarang pas udah bubar.. hehe..

(Ibu keep silent.. sambil ngerekap nilai di komputer..)

Gw : Saya tadi kluar soalnya saya merasa gak cocok dengan suasana kelas bu.. Saya bingung dengan ibu, kok saya gak dapet'' kartu ya? Padahal saya dah berusaha semaksimal mungkin tadi bu..


Ibu : Lah. emang tadi kamu gak dapet kartu ya? Kamu tadi ad ngomong' jg kan
Gw : Ad bu.. ya saya gak dapet.. Minggu lalu saya jg gak dapet.. Saya mo nanya bu, kriteria kartu kuning ijo biru menurut ibu apa sih? Kok menurut saya beda ya dengan dosen laen.. Klo saya biasanya di dosen laen, minimal dikasih kartu kuning klo pendapat.. Karena dosen laen tersebut menghargai pendapat saya.. Apa tadi saya ngomongnya gak nyambung semua bu 4x?


Ibu : Hmm.. Kriteria saya ya yg penting omongannya nyambung sesuai dengan topik.. Gak asal ngomong.. Dan saya lebih menyukai orang yg menjawab pertanyaaan daripada share atau nanya..  bla bla bla (gw lupa..)


(me being angry..)

Gw : Lah.. Sori ya bu klo saya asal ngomong, tapi saya liat yg saya omongin masih nyambung dan berbobot bu, saya bukan tipe yg asal omong. Slaen itu saya mo nanya dan kasi pendapat ni bu.. Ntah knapa di kelas ibu itu beda. Setiap kali kelas dimulai, ibu selalu gak pernah kasi tujuan pembelajaran di kelas hari ini apa, dan ibu juga gak punya silabus kan? Gak ngerti saya hari ini belajar apa dan gunanya apa? Slide yang dipake gak sesuai, percuma juga kan bu saya baca buku tiap hari sebelum mulai kelas tapi klo hari ini gak tau apa yang mo dipelajarin ujung'nya nanti malah di cap gak sesuai dengan ibu dan gak nyambung.. Ibarat ngajar gak ada guidelinesnya bu, suka'' ibu..

Ibu : Saya memang ngajar gak sesuai silabus.. Saya ini ngajar dari sudut pandang atas aja, secara umum.. Tapi masih nyinggung'' dikit kok dengan materi yang ada di buku.. bla bla bla (gw lupa)

Gw : Oh gitu ya bu..

Ibu : Coba sini saya kasih kamu kartu aja ya.. Tadi lumayan aktif.. Kamu emangnya kartu dah berapa sih selama ini?

Gw : Dah gak perlu bu.. Klo emang saya di kesempatan kali ini gak dapet ya udah bu, ga usah bu.. Saya orangnya gak maksa.. Nanti saya coba lagi aja deh di pertemuan berikutnya minggu depan.. Coba menjawab pertanyaan sesuai dengan kriteria kepuasan ibu deh.. Selamat malam..


And i left the class with my bag..

At that time i feel angry dan pas pulang gw ngelamun pas nyettir.. Wah frontal abis ke dosen.. Tapi ya udah, gw emang mo ngomong seperti itu.. Si ibu VP, barrier dikritiknya agak susah.. Mungkin cara gw yg frontal cukup bener juga.. Dan pas hari itu karena gw ngelamun pas nyetir.. Gw nyasar.. What a day? Gak tau kenapa pas di roxy gw nyasar.. Gw emang gak tau jalan dan paling males ama yg namanya nyasar.. Makanya kepingin juga beli GPS di mobil.. Blahh.. Dan pas saat itu gw pun ketawa sendiri.. Walhasil sampe rumah jem stgh 12an..  X_X



On the next day.. Si ibu terlihat dah berubah dan dia yg gw liat jadi suka ngebagi bagiin kartu.. It means that my critic has affect on her.. OKay then, orang'' di klas pun juga dah pada sumringrah karena pada dapet kartu.. Pas saat itu pun gw dapet kartu kuning doang.. Dan pas akhir kelas mo rekap kartu, kita maju ke depan.. Pas di depan..


Ibu : yak berikutnya

Gw : Hansel bu.. BIRU.. (sambil kasih kartu kuning di depan mata dia..) hehehehehe..

(Ibu keep silent sambil liatin komputer)

Gw : Gak kok bu, kuning.. kuning....

Ibu : HA                        HA                            HA


you know what? Ha     Ha     Ha.. itu adalah sedikit sindiran buat gw.. Ha           Ha           Ha.. dengan ekspresi yang gak ketawa sama skali.. #Jleb Jleb Jleb.. Yaw dah.. Maksud gw mo becandaan dengan si ibu, si ibu malah nanggepin dengan sinis banget... X_X   And i left the class.

Pas di bawah gw cerita dengan temen gw tentang HA   HA   HA itu.. Dan dia bilang gini.. "Wah ati'' bro.. gw baru keinget tadi.. Pas gw orang terakhir di kelas, si ibu ngomong sendiri.. "Tadi siapa ya yang dikurangin nilainya?? Oh ia.. Hanselllllllll"  . Gw liat muka temen gw dan he is not kidding.. WTF.. ahahaha.. Okay lah .. What i learn nowadays is keep positive thinking aj.. Gw pun tarik napas dan wolesss.. Hahaha.. Dan temen gw juga bilang, tapi si ibu hari ini beda ya, jadi murah kartu.. Yap dude, i feel the same way... She is changing the way she teach.. And for me? Hmm.. sebodo teing dah klo diincer, just keep positive..


And.. On the last 2 class.. The day that i gave the presentation.. She gave me blue card. Hmm. Gw akuin pas gw presentasi, gw dah nyusun skenario sebagus mungkin.. Do my best kuadrattt dah.. Masukin teori buku, kasih inti tujuan presentasi dulu (beda ama cara dia), dan dll. Dan di hari itu juga si ibu ngajakin buka bareng anak'.. SI ibu bawa pizza.. Dan gw pun ngambil satu tambah satu  dua slices.. wakaka..

On the last day.. Saturday morning.. The day our last meeting with Mrs Achirina.. I got ticket from police.. Yap. Gw kena tilang.. Dan pas kena tilang gw pasang muka beon aja sambil bilang jujur gak tau ga boleh masuk jalan ini (masuk jalan yang di deket roxy) dan bilang tujuan gw di jalan hari ini untuk kuliah.. nimba ilmu.. Honest is the best way. Tapi si polisi tetep kekeuh bilang'' sidang stnk ama sim.. lagi operasi patuh jaya di bulan puasa.. Bla bla bla.. Salah gw juga kali ya ngasih SIM ama STNK ke dia, soalnya biasanya gw gak pernah kasih.. Tapi gak tau knapa pas hari itu gw kasih.. Dan akhirnya gw bilang, "yaw dah deh pak.. saya minta kebaikan hati bapak aja.. saya minta tolong bantuannya.. ini saya kasih semua uang yang ada di dashboard mobil saya aja" dan gw pun ngasih dia sekitar 30 rebu.. And he responsed "yaw dah sini taro sini di surat tilangnya.. dah cepet jalan sana" Dan gw pun pergi ke kampus sambil ngikhlasin.. Di kampus gw cerita ke 2 temen gw.. Dan uniknya mereka jg kena tilang berenti polisi.. Mr. G kena ketangkep bayar (gara'' salah jalan) dan tante M malah ga bayar tapi ngasih senyuman doang (gara'' nelpon pas nyetir trus diberentiin). Hebat memang tante M yg satu ini.. salut salut salutt....

Dan pas di kelas, hari sabtu kmaren pas pertemuan terakhir, si ibu ngasih gelas ke masing' orang di kelas.. Sebuah gelas yang bertuliskan: " Integrity. Doing what is right even when it is difficult " sambil di bawahnya ada nama dia.. Hmm.. Mungkin ini buat tujuan nyogok biar kita ngasih survey edom dosennya bagus kali ya.. Ahahahaha... Gw baca tulisan itu, dan ntah knapa gw seneng.. Lalalalala~  Doing what is right even when it is difficult.. Terkadang frontalitas itu perlu dan gw menyadari gw ini orangnya suka frontal dan arogan.. Dan lama kelamaan gw tau, gw harus mengurangi sifat itu.. Dan gw sempet kepikiran mungkin emang jalan dari yg di atas juga kali ya buat meng-kritik si ibu.. Karena ga ada yg brani face to face 4 mata dengan dia.. Who knows? :)



Di akhir sesi kelas, kita pun foto'' dan ini adalah fotonya..




everybody smile and i feel that we have to smile more even if u are on ur lowest point in life
(ya gak semuanya sih smile.. ada satu yg menyendiri gak smile.. tapi seenggaknya gw dan si ibu bisa smile dengan lepas.. hohohoho)


And u know what? There's something more..
After we take pictures..

Si ibu berkata.. "Hoi.. anak anak.. saya ini orangnya terbuka.. Nih kita buka''an aja dah tentang nilai kartu yeee.."


Di situ gw melihat rata'' pada dapet kartu lumayan semua.. And me? How about my cards?

Well..
I got 2 blue cards, 1 green card, and 3 yellow cards...


How come? What the? Selama ini padahal gw cuma mendapat 1 kartu biru dan 1 kartu kuning aja.. I had never accepted the others card in the class.. just two cards.. One blue and one yellow..

I asked the other in the class..  Psst psstt..
Ternyata ada yang emang ditambahin di rekapitulasi , ada juga yang dapet sesuai dengan keadaan sehari' nya.. (sesuai dengan kartu yang dia dapet dan terima di kelas selama ini)


Well then..
In the end, I just shake hands with her, said "terima kasih ya bu",  and give her a big smile.  :D


And now? what about now? Now is monday morning..
I take leave on job today..
Because today is the day i have exam.. SDM exam.. (UAS SDM)

Got to go to campus..


Wish me luck yoo..

No comments: